PROGRAM REMIDIAL IQRO’ INTRAKURIKULER
Pada
tahun pelajaran 2012/2013 saya menjabat sebagai wali kelas 3B.Saat
penerimaan hasil UAS semester 1 masih banyak anak – anak yang kemampuan
membaca iqro’nya belum sesuai target. Bahkan hampir 1 kelas dengan
jumlah anak 28 ada 15 anak yang belum memenuhi target. Adapun target
di semester 1 yaitu iqro’ 5 dan di semester 2 iqro’6.
Berikut data anak – anak di kelas 3B
No
|
Nama
|
IQRO’
|
Halaman
|
1
|
Adam Dzaki P
|
5
|
90
|
2
|
Aditya Dwi A
|
4
|
69
|
3
|
Aji Bayu S
|
2
|
52
|
4
|
Anggit Wahyu S
|
5
|
105
|
5
|
Annisa' Yasfa AZ
|
3
|
66
|
6
|
Ardiyansah EBS
|
5
|
98
|
7
|
Ariadne Hanifa M
|
4
|
78
|
8
|
Arief Budi P
|
5
|
95
|
9
|
Audrey Reza FP
|
5
|
95
|
10
|
Aurellia Clarinta
|
4
|
72
|
11
|
Bintang Nabila P
|
4
|
85
|
12
|
Cahya Salsabilla
|
2
|
46
|
13
|
Danis Stiana A
|
4
|
69
|
14
|
Devinta Aristia K
|
3
|
66
|
15
|
Faramadina B.
|
3
|
58
|
16
|
Farid Nur R
|
5
|
89
|
17
|
Hafid Wicaksono
|
6
|
112
|
18
|
Isnan Hammam Z
|
5
|
87
|
19
|
Jaya Ridia
|
3
|
58
|
20
|
M. Arifin Adzikri
|
5
|
87
|
21
|
M. Fauzan N
|
5
|
90
|
22
|
Mutia Galuh D
|
5
|
104
|
23
|
Nadya Challista P
|
4
|
82
|
24
|
Nury Salsabila F
|
5
|
88
|
25
|
Rifqy Ali A
|
4
|
86
|
26
|
Salim Zaki Aflah
|
5
|
89
|
27
|
Sendi Isnu S
|
4
|
85
|
28
|
Umi Latifah YS.
|
4
|
78
|
Anak
– anak yang diberi blok merah adalah anak – anak yang kemampuan membaca
iqro’nya masih belum sesuai target, sedangkan yang lainnya sudah
mencapai target di semester 1. Dan nantinya di semester 2 juga
diharapkan bisa mencapai target yaitu iqro’ 6.
Sebagai
wali kelas dan juga sebagai guru al Qur’an di klas 3 saya merasa
prihatin dan berputar otak bagaimana caranya anak yang blum tuntas
iqro’nya dan juga memikirkan supaya yang sudah tuntas diharapkan di
semester 2 juga bisa memenuhi target yaitu iqro’ 6. Akhirnya saya
memutuskan untuk mengadakan remidial iqo’ namun masih di dalam jam
pelajaran (intrakurikuler).
Remidial
iqro’ yang saya adakan bersifat intrakurikuler alias masih di dalam
pelajaran. Untuk memudahkan, saya membagi anak – anak yang Remidial
iqro’ kedalam 3 kelompok dengan asumsi akan saya adakan dalam 3 waktu
yaitu waktu opening, istirahat dan klosing. Karena waktunya yang sangat
mepet sekitar 15 - 30 menit dan tidak sebanding dengan jumlah anak yang
remidi, maka saya bagi 2 dengan bantuan guru pendamping saya yaitu us
ismi. Adapun pembagian kelompoknya sbb:
No.
|
WAKTU
|
UST. NOVINUR
|
UST. ISMI
|
1.
|
OPENING
|
Aji, salsa, yasfa, elok
|
adit, aria, ifah, ardiyan
|
2.
|
ISTIRAHAT
|
jaya, devin, nadya, aurell
|
arief, audrey, farid
|
3.
|
CLOSING
|
Danis, rifqi, sendi, nabila
|
hammam, dzikri, nuri , adam dzaki
|
Program
tersebut saya mulai kira - kira bulan Februari 2013. Dan alhamdulillah
di UTS 2 Semester 2 sudah menunjukkan hasil memuaskan. Adapun
perkembangan tersebut bisa dilihat dari tabel berikut :
Awwal smt 2(jan’14) Tengah smt 2 Akhir smt 2
sebelum (maret’14) (Juni’14)
program remidial Setelah ada program remidial
No
|
Nama
|
IQRO’
|
Hal.
|
IQRO’
|
Hal.
|
IQRO’
|
Hal.
|
1
|
Adam Dzaki P
|
5
|
90
|
5
|
100
|
6
|
110
|
2
|
Aditya Dwi A
|
4
|
69
|
5
|
100
|
6
|
108
|
3
|
Aji Bayu S
|
2
|
52
|
5
|
96
|
6
|
107
|
4
|
Anggit Wahyu S
|
5
|
105
|
6
|
109
|
6
|
120
|
5
|
Annisa' Yasfa
|
3
|
66
|
6
|
109
|
AQ
|
Al baqarah
|
6
|
Ardiyansah EBS
|
5
|
98
|
6
|
120
|
AQ
|
Al baqarah
|
7
|
Ariadne Hanif
|
4
|
78
|
5
|
91
|
6
|
107
|
8
|
Arief Budi P
|
5
|
95
|
6
|
113
|
AQ
|
Al baqarah
|
9
|
Audrey Reza FP
|
5
|
95
|
AQ
|
Al baqarah
|
AQ
|
Al baqarah
|
10
|
Aurellia Clarinta
|
4
|
72
|
5
|
97
|
6
|
106
|
11
|
Bintang Nabila P
|
4
|
85
|
6
|
107
|
6
|
115
|
12
|
Cahya Salsabilla
|
2
|
46
|
4
|
80
|
5
|
95
|
13
|
Danis Stiana A
|
4
|
69
|
5
|
91
|
6
|
107
|
14
|
Devinta Aristia
|
3
|
66
|
5
|
103
|
6
|
109
|
15
|
Faramadina B.
|
3
|
58
|
4
|
78
|
5
|
101
|
16
|
Farid Nur R
|
5
|
89
|
5
|
103
|
6
|
107
|
17
|
Hafid Wicaksono
|
6
|
112
|
6
|
125
|
AQ
|
Al baqarah
|
18
|
Isnan Hammam
|
5
|
87
|
5
|
105
|
6
|
107
|
19
|
Jaya Ridia
|
3
|
58
|
4
|
83
|
5
|
95
|
20
|
M. Arifin Adzikri
|
5
|
87
|
5
|
105
|
AQ
|
Al baqarah
|
21
|
M. Fauzan N
|
5
|
90
|
5
|
105
|
AQ
|
Al baqarah
|
22
|
Mutia Galuh D
|
5
|
104
|
6
|
118
|
6
|
124
|
23
|
Nadya Challista
|
4
|
82
|
6
|
109
|
6
|
120
|
24
|
Nury Salsabila F
|
5
|
88
|
JUS
|
AMMA
|
AQ
|
Al baqarah
|
25
|
Rifqy Ali A
|
4
|
86
|
6
|
110
|
AQ
|
Al baqarah
|
26
|
Salim Zaki Aflah
|
5
|
89
|
6
|
123
|
AQ
|
Al baqarah
|
27
|
Sendi Isnu S
|
4
|
85
|
5
|
95
|
6
|
106
|
28
|
Umi Latifah YS.
|
4
|
78
|
6
|
119
|
AQ
|
Al baqarah
|
Dari
tabel diatas kita bisa lihat, anak - anak yang tidak tuntas kemampuan
iqro’nya dari 15 anak setelah diadakan program remidial iqro’
intrakurikuler ternyata hanya tinggal 3 anak saja. Jadi bisa dikatakan
12 anak bisa tuntas kemampuan iqro’nya setelah diadakan remidial selama 4
bulan (Bulan Februari sd. Juni 2014) dengan jumlah pengampu 2 guru.
Adapun
3 anak yang belum tuntas tersebut diharapkan di klas 4 bisa mengejar
ketinggalannya. Dan ternyata keberhasilan program remidial tak akan
berhasil tanpa bantuan motivasi dan pendampingan anak membaca iqro’ di
rumah oleh orangtua. Memang anak - anak yang belum tuntas tersebut
setelah diselidik di rumah anaknya malas untuk membaca iqro’.
Saat ini, di semester 2 tahun pelajaran 2013/ 2014 saya mengajar di
kelas 4C ternyata kondisinya juga hampir sama di kelas 3B terdahulu.
Dari 21 anak masih belum tuntas sebanyak 13 anak. Sayapun langsung
mengadakan treatmen yang sama pada saat mengajar di kelas 3B. Alhamdulillah setelah 1 bulan berjalan sudah menunjukkan perkembangan yang significant.
Dari 13 anak yang belum tuntas kemampuan iqro’nya sekarang tinggal 11
anak. Adapun datanya bisa dilihat melalui tabel berikut :
Awwal smt 1 Awwal smt 2 Tengah smt 2
(Agt’13) (13 Jan’14) (13 Feb’14)
sebelum program remidial Setelah ada program remidial
No
|
Nama
|
IQRO’
|
Hal.
|
IQRO’
|
Hal.
|
IQRO’
|
Hal.
|
1
|
Nabile
|
4
|
83
|
4
|
86
|
5
|
87
|
2
|
Adit
|
4
|
81
|
5
|
87
|
5
|
90
|
3
|
Delia
|
4
|
82
|
4
|
86
|
5
|
91
|
4
|
Tedy
|
4
|
81
|
5
|
90
|
5
|
97
|
5
|
Evi
|
5
|
96
|
5
|
99
|
6
|
107
|
6
|
Ainun
|
5
|
96
|
5
|
99
|
6
|
109
|
7
|
Shasa
|
5
|
94
|
6
|
106
|
6
|
114
|
8
|
Syafiq
|
6
|
110
|
6
|
113
|
6
|
117
|
9
|
Ajiid
|
6
|
107
|
6
|
114
|
6
|
123
|
10
|
Huda
|
5
|
101
|
6
|
109
|
6
|
117
|
11
|
Sendi
|
6
|
114
|
6
|
119
|
6
|
122
|
12
|
Fathan
|
6
|
114
|
6
|
118
|
AQ
|
Al baqarah
|
13
|
Dinar
|
6
|
117
|
6
|
125
|
AQ
|
Al baqarah
|
Dari kasus anak di kelas 4C ternyata juga mengalami kemiripan
kecenderungan pada kasus di kelas 3B, bahwa anak - anak yang mau membaca
iqro’ di rumah hasilnya lebih cepat dibandingkan anak - anak yang malas
membaca iqro’ di rumah.
Sambil berjalan programnya, semoga saja di akhir semester 2 nanti anak
- anak di kelas 4C yang belum tuntas kemampuan membaca iqro’nya
diharapkan bisa tuntas. amiin.
Sragen, 22 Februari 2014
NOVINUR ROKHAYATI,S.Sos.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar